Rute wisata Dieng dari Homestay

Dieng merupakan destinasi tujuan alam pegunungan terbaik di Jawa Tengah. Wisata Dieng mengalami peningkatan yang pesat setiap tahunnya.

Semakin ramai pengunjung yang datang untuk berwisata ke Dieng, semakin banyak pula tempat-tempat wisata Dieng baru yang dibuka.

Rute wisata Dieng menjadi panduan penting bagi para pengunjung sebelum tiba di Dieng Plateau. Rute wisata ini akan mengajak Anda membayangkan destinasi wisata mana saja yang mestinya dikunjungi secara detail dan berurutasan agar liburan tidak kacau dan lebih terarah apalagi bagi wisatawan yang berlibur dengan keluarga mereka.

Rute ke Dieng dari Homestay

Berikut rute wisata Dieng dari Afinda, HS dan Risa Homestay.

Jarak ke tempat wisataRute dari Homestay
Sunrise Sikunir (16 Km)Menuju arah desa Dieng menyusuri jalan raya Dieng, setibanya di pertigaan Desa Dieng belok kiri mengikuti jalan hingga Desa Sembungan sejauh 7.1 km
Telaga Warna (11 Km)Dari Afinda Homestay mengikuti jalan raya Dieng, pertigaan Dieng belok ke kiri ikuti jalan raya Telaga Warna. Dari pertigaan Dieng menuju Telaga Warna berjarak 1.3 km.
Kawah Sikidang (13 Km)Sama seperti rute yang lainnya menuju Desa Dieng. Pertigaan dieng belok kiri, melewati jalan Telaga Warna, belok kanan, setibanya di Candi Bima belok ke kiri hingga menemukan gapura wisata Kawah Sikidang.
Candi Arjuna (9.9 Km)Melewati jalan Raya Dieng, setibanya di pertigaan Dieng Plateau belok ke kanan hingga ke perbatasan antara Desa Dieng Wetan dan Desa Dieng Kulon, belok kiri menuju komplek candi. Dari pertigaan dieng menuju Komplek Candi Arjuna berjarak 650 meter saja.
Batu Pandang (12 Km)Ke arah barat laut melintasi jalan Raya Dieng, rute hampir sama dengan menuju Telaga Warna, dari Telaga Warna ikuti jalan menuju arah gerbang Dieng Plateau Theater.
Dieng Plateau Theater (11 Km)Lokasi sebelum Batu Pandang Dieng. Rute sama dengan menuju Batu Pandang
Bukit Sidengkeng (10 Km)Wisata Bukit Sidengkeng Dieng belokasi sebelum pintu masuk Telaga Warna tepatnya di wana wisata petak sembilan. Dari Afinda Homestay, HS Homestay dan Risa Homestay mengikuti jalan raya Dieng, sesampainya di pertigaan Dieng belok ke kiri.
Museum Kailasa (11 Km)Mengikuti jalan raya Dieng. Pertigaan Dieng belok ke kanan, jalan lurus terus hingga menemukan terminal baru Dieng belok ke kiri.
Padang Savana (11.6 Km)Rute sama seperti menuju museum kailasa hanya mengikuti jalan hingga menemukan bascamp pendakian padang savanna di Desa Karangsari sebelum gerbang masuk kawah Sikidang.
Kawah Sileri (14 Km)Melintasi jalan raya Dieng. Pertigaan Dieng belok ke kanan hingga di jalan kepakisan sejauh 1.4 km belok ke kanan.
D-qiano Water Park (14 Km)Rute wisata sama dengan menuju kawah Sileri karena lokasi bersebelahan
Telaga Merdada (13 Km)Dari homestay melewati jalan Raya Dieng menuju Desa Dieng. Pertigaan Dieng belok ke kanan hingga pertigaan Desa Kepakisan belok ke kiri sedikit, ikuti jalan sejauh 1.4 km belok ke kiri tepat di Desa Pauan, karangtengah, Batur. (Ada gerbang tulisan Telaga Merdada) dari gapura masuk 500 meter
Sumur Jalatunda (17 Km)Rute hampir sama dengan menuju Kawah Sileri hanya saja setelah sampai di desa Kepakisan ambil menuju jalan Pekasiran hingga menemukan gapura Sumur Jalatunda yang ada di sebelah kanan jalan.
Gardu Pandang Tieng (3.4 Km)Ini merupakan rute wisata terdekat dari Afinda Homestay, HS Homestay dan Risa Homestay yaitu hanya mengikuti jalan Raya Dieng sejauh 3.4 km dan bisa ditempuh dengan perjalanan 5 menit saja
Perkebunan Teh Tambi (3.7 Km)Rute wisata menuju perkebunan teh tambi arah ke wonosobo. Dari homestay sekitar 2.7 km menuju gapura dan belok ke kiri. Gapura tambi ke perkebunan 1 km.
Telaga Menjer (6 Km)Rute wisata ke Telaga Menjer menggunakan jalan alternatif menyusuri pedesaan, dari pertigaan Desa Kejajar belok ke kanan menuju jalan Desa Serang hingga Desa Maron Garung.

Keterangan

  1. Rute wisata Dieng ini dibuat dengan titik mulai / star dari Afinda Homestay, Risa Homestay dan HS Homestay yang berada di jalan Raya Dieng km 17 Wonosobo.
  2. Lama menuju tempat wisata Dieng menggunakan rute tercepat dan jalanan lancar atau tidak macet.

Bagaimana Cara ke Dieng?

Meskipun berada di pegunungan terpencil, Dieng sangat mudah dijangkau dari berbagai daerah karena dekat dengan kota terkenal di Jawa Tengah dan DIY. Adapun cara menuju Dieng yang biasa wisatawan lakukan yaitu dengan cara perjalanan darat dan udara yaitu bisa via pesawat, bus, kereta bahkan kendaraan pribadi.

Jika ingin ke Dieng dengan menggunakan sarana transportasi udara bisa menggunakan pesawat. Bandara terdekat dengan Dieng ialah Bandara Ahmad Yani yang berada di Semarang dan Bandara Adji Sutcipto yang berada di Gunung Kidul Jogjakarta. Perjalanan dari bandara menuju ke Dieng akan dilanjutkan dengan perjalanan darat yang akan memakan waktu sekitar 3-4 jam perjalanan.

Dan bila ingin menggunakan moda transportasi kereta api, Anda bisa transit terlebih dahulu di Jogja, Semarang, Purwokerto dan Kutoarjo.

Transportasi ke Dieng

Sarana transportasi ke Dieng yang sering dipakai wisatawan ialah dengan menggunakan kendaraan pribadi dan mengikuti paket wisata Dieng dan Open trip Dieng. Ada juga rombongan dari luar kota menggunakan kendaraan sejenis ELF bahkan bus medium. Akan tetapi untuk bus ada pembatasan atau tidak diperbolehkan naik ke Dieng di saat-saat tertentu seperti musim liburan, lebaran, DCF dan tahun baru untuk mengurangi kemacetan.

Untuk Anda yang bepergian ke Dieng dengan cara backpacker ada transportasi ke Dieng yang murah dan meriah yaitu naik mikro bus. Kendaraan ini berjenis ELF namun lebih besar ukurannya dengan total tempat duduk 17 seat.

Kapan waktu terbaik wisata ke Dieng?

Bila mengulas keindahan dan kekayaan Dieng memang tidak ada habisnya. Semua titik ada sesuatu yang teramat menarik. Agar tidak ketinggalan momen yang sangat berharga tentu para wisatawan harus bisa menentukan kapan waktu berkunjung terbaik ke Dieng.

  1. Ketika musim kemarau menyaksikan salju Dieng dan dingin yang ekstrim
  2. Saat musim kemarau menikmati sunrise yang cerah
  3. Musim penghujan menyaksikan kabut dan terkadang ada awannya
  4. Non weekend adalah waktu yang tepat berkunjung ke Dieng karena destinasi wisata tidak terlalu ramai

Fasilitas penunjang

Fasilitas penunjang di sekitar homestay yaitu dua minimarket yang saling berdekatan, bank, ATM, pasar tradisional, masjid, dan rumah makan, semua itu bisa ditempuh dengan jalan kaki karena jarak yang tidak terlalu jauh, sambil merasakan suasana alam pedesaan.

Keungulan Homestay kami bagi wisatawan yaitu lokasi penginapan yang jarak tempuh menuju destinasi wisata yang ideal dan tidak terlalu jauh rata-rata 30 menit perjalanan menggunakan kendaraan.